Sunday, 10 September 2023

strategi pemasaran lunch box jerami gandum

 

sumber:https://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT7-1_dsbstuKK4kLU-VCEOnqGbM4ziF7DE52gbtu2t7mgSbI2q

hi guys hari ini aku akan memperkenalkan lunch box yang bermerek jeremi gandum.lunch box adalah istilah dari bekal makanan yang biasa disediakan untuk anak anak atau orang dewasa.pertama- tama saya akan melakukan analisis SWOT dari produk yang saya perkenalkan yaitu lunch box. analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengindentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk mengembangkan rencana strategis bisnis kita.

sumber:https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSW1z7wx_7yZA1LU-HPHGriHYuW3SUMGqKhsMqMFAqnTK_DN9ed

ANALISIS SWOT adalah analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengindentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk mengembangkan rencana strategis bisnis anda.

STRENGHT : 
1. Menggunakan bahan bahan berkualitas
2. Dapat digunakan untuk sehari-hari 
3. Kualitas produk, menggunakan bahan yang berkualitas sehingga tidak gampang rusak.

WEAKNESS :
1. produk tidak begitu tahan air panas yang sangat panas 

OPPORTUNITIES :
1. Produk yang  cocok digunakan untuk semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa
2. produk gampang dibawa kemana mana.

THREAT :
1. Adanya pesaing  yang menjual lebih murah 

selanjutnya saya akan menjelaskan STP dari produk kami yaitu:

sumber: https://www.marketing.co.id/wp-content/uploads/2017/02/STP-01.jpg
apa itu STP Strategy?
STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif. 

  • segmenting atau dikenal dengan segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan pengelompokan pasar berdasarkan kebutuhan, karakteristik, maupun perilakunya yang bertujuan agar perusahaan dapat memahami kelompok pasar tersebut dengan lebih baik.
  • targeting yaitu menetapkan target pasar yang ingin dicapai oleh perusahaan. pada tahap ini, kami perlu menentukan siapa yang akan menjadi calon konsumen bisnis kamu.
  • positioning merupakan proses pengembangan pada strategi pemasaran yang dilakukan guna memberi pengaruh pada segmen pasar tertentu 
sumber: https://www.marketing.co.id/wp-content/uploads/2017/02/STP-01.jpg
Adapun langkah langkah STP Strategy yang kami terapkan dalam melaksanakan kegiatan menjual produk kreatif "Salbar" adalah sebagai berikut: 

  1. Segmenting 
-Segmentasi Demografis 
Pada produk kami tidak ada batasan umur ataupun status financial, karena produk kami digunakan untuk bekal sehingga dapat digunakan untuk anak-anak yang membawa bekal kesekolah ataupun orang dewasa yang membawa bekal untuk kerja dan lain lainnya. 

-Segmentasi Psikografis 
Dalam aspek psikograifs, kami "jerami gandum" menitik beratkan aspek gaya hidup didalamnya. Secara garis besar target pelanggan kami adalah seluruh konsumen yang selalu membawa bekal ataupun membawakan bekal untuk orang sekitarnya , sehingga kami menawarkan produk dengan harga yang tergolong cukup murah untuk semua tingkat kondisi finansial individu tertentu.
-Segmentasi Geografis 
produk kami lebih banyak terjual di online shop karena produk kami sangat murah jika di online shop dan dengan menjual produk ini di online shop maka konsumen yang diluar Batam dapat membeli produk kami, produk kami juga terjual di lucky mart yang terletak di sekolah Maitreyawira Batam.
    2. Targeting 
dikarenakan produk kami cocok untuk semua kalangan ataupun semua gender sehingga kami menjual atau mentargetkan kepada semua kalangan.
    3.positioning 
Pemilihan tempat pada produk kami tergolong cukup banyak karena kami terdapat di online dan juga offline. Sehingga konsumen dari tempat jauh juga bisa membeli produk kami tanpa harus ke toko offline kami.

Apa itu marketing mix

sumber:https://api.wakool.id/images/thumb900/WhatsApp-Image-20210802-at-110355_1627896599.jpeg

Marketing mix adalah kombinasi dari elemen-elemen pemasaran untuk bisa mengonversi calon konsumen secara lebih efektif dan tepat sasaran.

Konsep marketing mix terdiri dari empat elemen utama, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (distribusi). Seluruh elemen marketing mix yang disebut 4P ini saling berkaitan, dan jika digabungkan akan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

Nah, tujuan menggunakan strategi marketing mix adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan berfokus pada elemen 4P dalam pemasaran, pelaku bisnis juga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan lebih baik.  

Misalnya, perusahaan dapat mengembangkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing, lalu mempromosikan produk tersebut dengan cara yang menarik dan efektif, serta mendistribusikannya melalui saluran yang tepat.

Dengan melakukan penyesuaian dan pengoptimalan pada masing-masing elemen, sebuah brand bisa meningkatkan kemampuan bersaing dan memenangkan kepercayaan konsumen.

Berikut ini adalah bagian bagian dari marketing mix:

1. PRODUCT 
sumber:https://t-2.tstatic.net/shopping/foto/bank/images2/ilustrasi-wadah-bekal-dari-orinoco-yang-dirancang-bebas-bpa-dan-kualitasnya-terbaik.jpg
Produk adalah inti dari marketing mix. Produk dapat berupa barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Kami memproduksi "lunch box" atau kotak makan 
2. PLACE 

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-place.jpg
    Tempat mengacu pada distribusi produk atau cara bagaimana produk sampai ke tangan konsumen. Hal ini meliputi strategi lokasi penjualan, kanal distribusi, kebijakan penyimpanan dan pengiriman produk. Perusahaan harus memastikan produk dapat dijangkau oleh konsumen dengan mudah dan efektif. tempat kami berlokasi di Lucky Mart SMK Maitreyawira Batam, Lantai 1 (Hall)
3. PRICE 


sumber:https://www.feedough.com/wp-content/uploads/2021/04/what-is-price.png
   Harga ialah nilai tukar yang diberikan konsumen untuk memperoleh produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Harga harus sesuai dengan nilai produk dan mampu bersaing dengan harga produk sejenis di pasaran. Penentuan harga juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya produksi, margin keuntungan, dan strategi pemasaran.Harga yang kami berikan cukup terjankau yaitu mulai dari Rp.33.000 keatas.

4. PROMOTION
sumber:https://www.sender.net/wp-content/uploads/2022/03/promotion-mix-marketing.webp
   Promosi adalah semua aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya, seperti kegiatan mengiklankan priduk, promosi penjualan, public relations, dan pemasaran langsung. Tujuan promosi adalah untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong pembelian.promosi yang kami lakukan adalah media social promotion dengan mempromosikan produk kami menggunakan instagram. 


5. PEOPLE 
sumber:https://www.ppic.org/wp-content/uploads/Crowd-of-Diverse-People_800x528-768x512.jpg
People adalah semua orang yang terlibat dalam bisnis tersebut, termasuk di dalamnya terdapat karyawan maupun pelanggan. Perusahaan harus memastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam bisnis seperti karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen.Dalam usaha kami, kami menggunakan 2 posisi yaitu 1 pemegang kasir atau mengatur kasir dan yang 1 lagi memegang pusat perbelanjaan online kita yang berada di instagram,shoppe dan tokopedia.

6. PROCESS

sumber: https://www.marketing91.com/wp-content/uploads/2019/04/Process-in-Marketing-Mix-1.jpg
   Proses mencakup semua prosedur dan kebijakan yang diterapkan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Proses yang baik dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, serta meningkatkan kepuasan konsumen.Proses yang kami lakukan adalah memilih supplier/pemasok yang memiliki citra yang baik serta menawarkan produk dengan harga semurah mungkin.

7. PHYSICAL EVIDENCE

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-physical-evidence-1024x341.jpg
    Physical evidence mencakup semua bukti fisik yang dapat membantu konsumen memahami produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan yang meliputi fasilitas fisik, merek, desain kemasan, dan lainnya. Perusahaan harus memastikan bahwa semua bukti fisik yang diberikan menunjukkan kualitas dan profesionalisme yang baik.Dengan begitu bukti fisik yang kami berikan adalah sejumlah produk yang dijual ditoko Lucky Mart SMK Maitreyawira itu sendiri.

    sekian sudah pembahasan yang dapat kami sampaikan, mohon maaf jika terdapat bagian yang kami ucapkan salah. TERIMAKASIH :)


SUMBER:
https://salbar17.blogspot.com/
https://instiki.ac.id/2023/04/18/apa-itu-marketing-mix-mengenal-marketing-mix-7p/

No comments:

Post a Comment

Instagram dimasa mendatang

  pengertian  Instagram  adalah layanan  jejaring sosial  berbagi foto dan  video  yang dimiliki oleh perusahaan Amerika,  Meta Platforms . ...