Friday, 1 September 2023

STRATEGI STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

 

STP STRATEGY PRODUK KREATIF "SALBAR"

sumber: https://www.marketing.co.id/wp-content/uploads/2017/02/STP-01.jpg
 Selama melakukan pembelajaran di SMK Maitreyawira, dengan mengatas namakan jurusan Bisnis Daring Pemasaran. Kami memperoleh sejumlah ilmu terkait dengan dunia pemasaran, salah satunya adalah STP (Segmenting, Targeting, and Positioning) Strategy. apa itu STP Strategy?
STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif. 

  • segmenting atau dikenal dengan segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan pengelompokan pasar berdasarkan kebutuhan, karakteristik, maupun perilakunya yang bertujuan agar perusahaan dapat memahami kelompok pasar tersebut dengan lebih baik.
  • targeting yaitu menetapkan target pasar yang ingin dicapai oleh perusahaan. pada tahap ini, kami perlu menentukan siapa yang akan menjadi calon konsumen bisnis kamu.
  • positioning merupakan proses pengembangan pada strategi pemasaran yang dilakukan guna memberi pengaruh pada segmen pasar tertentu 
sumber: https://www.marketing.co.id/wp-content/uploads/2017/02/STP-01.jpg
Adapun langkah langkah STP Strategy yang kami terapkan dalam melaksanakan kegiatan menjual produk kreatif "Salbar" adalah sebagai berikut: 

  1. Segmenting 
-Segmentasi Demografis 
segmentasi demografis yang merupakan proses pengelompokan yang dilakukan berdasarkan demografinya, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, dan lain sebagainya.

-Segmentasi Psikografis 
Variabel yang ketiga adalah psikografis. Segmentasi psikografis lebih mengacu kepada aspek psikologis dari para konsumen. Untuk dapat menjalankan segmentasi ini kamu perlu memahami gaya hidup, hobi, hingga ketertarikan-ketertarikan apa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.
-Segmentasi Geografis 
jenis terakhir adalah segmentasi geografis. Variabel ini mengelompokkan konsumen berdasarkan aspek lokasi tempat tinggal. Dengan begitu, kamu dapat menentukan teknik pemasaran yang paling efektif agar sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.
    2. Targeting 
  • Undifferentiated Targeting Strategy

    Strategi ini mendorong perusahaan untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok pasar tertentu. Kamu bisa mengoptimalkannya dengan membuat produk-produk berbeda yang disesuaikan dengan segmentasi pasarnya.

  • Differentiated Targeting Strategy

    Selanjutnya adalah differentiated targeting strategy. Upaya ini dilakukan dengan cara mengamati pasar agar produk yang ditawarkan dapat mengikuti permintaan pasar.

  • Concentrated Targeting Strategy

    Strategi yang ini lebih memfokuskan proses pemasarannya kepada produk-produk tertentu yang potensial. Hal ini bertujuan agar penasaran yang dilakukan dapat terfokus dan berjalan sesuai dengan segmen pasarnya.

  • Custom Targeting Strategy

    Yang terakhir adalah custom targeting strategy. Strategi ini lebih menggantungkan kepada proses pendekatan konsumen yang bersifat individual.

    3.positioning 
  • Menawarkan solusi

    Pastikan kembali kebutuhan perusahaan dan potensi masalah yang ditemui pada masing-masing target pasar. 

  • Mengidentifikasi Unique Selling Proposition (USP)

    Unique selling proposition adalah suatu hal yang membuat sebuah bisnis lebih unggul dibandingkan dengan para pesaingnya. Maksudnya, kamu perlu benar-benar mengetahui alasan konsumen perlu membeli produk yang kamu jual. 

  • Mengembangkan aktivitas pemasaran yang spesifik pada segmen pasar

    Pastikan kamu bisa memberikan penawaran-penawaran yang menarik perhatian agar konsumen sulit menolak penawaran tersebut.








    No comments:

    Post a Comment

    Instagram dimasa mendatang

      pengertian  Instagram  adalah layanan  jejaring sosial  berbagi foto dan  video  yang dimiliki oleh perusahaan Amerika,  Meta Platforms . ...