Sunday, 3 September 2023

Marketing Mix

 Marketing Mix Produk Kreatif Salbar 

sumber:https://www.mitologiinspira.com/wp-content/uploads/2020/02/7P-Marketing-Mix-dan-Mengaplikasikan-dalam-Strategi-Marketing-648x324.jpg

Hai para pecinta salad buah, kembali lagi bersama SALBAR PREMIUM. Pada blog kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu marketing mix, dan contoh contohnya. 

Apa itu marketing mix

sumber:https://api.wakool.id/images/thumb900/WhatsApp-Image-20210802-at-110355_1627896599.jpeg

Marketing mix adalah kombinasi dari elemen-elemen pemasaran untuk bisa mengonversi calon konsumen secara lebih efektif dan tepat sasaran.

Konsep marketing mix terdiri dari empat elemen utama, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (distribusi). Seluruh elemen marketing mix yang disebut 4P ini saling berkaitan, dan jika digabungkan akan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

Nah, tujuan menggunakan strategi marketing mix adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan berfokus pada elemen 4P dalam pemasaran, pelaku bisnis juga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan lebih baik.  

Misalnya, perusahaan dapat mengembangkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing, lalu mempromosikan produk tersebut dengan cara yang menarik dan efektif, serta mendistribusikannya melalui saluran yang tepat.

Dengan melakukan penyesuaian dan pengoptimalan pada masing-masing elemen, sebuah brand bisa meningkatkan kemampuan bersaing dan memenangkan kepercayaan konsumen.

Adapun bagian bagian dari marketing mix ini yang telah kami terapkan selama melakukan kegiatan produksi produk kreatif "SALBAR - PREMIUM" antara lain:

1. PRODUCT 
sumber:https://i.pinimg.com/564x/ad/08/a7/ad08a792cfdb160463d28b0f45c3d03c.jpg
Produk yang kami jual adalah salad buah segar, dengan bahan bahan berkualitas dan proses produksi dilakukan dengan higenis. Kami menggunakan buah buah terpilih  seperti, anggur, mangga, apel, sunkist, dan lain sebagainya sebagai bahan pembuatan produk kami. Dengan begitu pembeli dapat merasakan berbagai jenis rasa buah yang terdapat dalam satu bungkus salad buah itu.

2. PLACE 

sumber: https://id.pinterest.com/pin/367324913371066855/

    Untuk lokasi yang kami gunakan untuk melakukan transaski pada dasarnya berada di dekat lingkungan sekolah. Namun secara garis besar, presentase media sosial dalam kegiatan pengenalan produk lebih besar. Sehingga kami menyimpulkan media sosial - Instagram sebagai tempat kami menjual produk.

3. PRICE 

sumber:https://www.feedough.com/wp-content/uploads/2021/04/what-is-price.png

    Harga yang kami berikan kepada calon pembeli tergolong cukup terjangkau, mulai dari  harga Rp. 17.000 hingga Rp. 20.000. Dengan harga yang sekian, para calon pembeli dapat membeli produk yang kami berikan dengan jumlah yang sewajarnya.

4. PROMOTION
sumber:https://id.pinterest.com/pin/295619163054013809/

    Metode promosi yang kami gunakan adalah metode Pre-Order (PO), membuat link pemesanan dari Google Form, kemudian meletakkan tautan dalam story akun Instagram pribadi masing masing anggota kemudian diunggah ke dalam Internet.

5. PEOPLE 
sumber:https://www.ppic.org/wp-content/uploads/Crowd-of-Diverse-People_800x528-768x512.jpg

    Kepuasan konsumen adalah kepuasan kami juga, oleh karena itu kami yang berperan sebagai produsen sekaligus sumber daya manusia pada projek ini selalui memerhatikan attitude dalam melayani konsumen maupun calon konsumen, dengan menerapkan 3S yaitu senyum, sapa, dan salam dalam melaksanakan kegiatan pelayanan.

6. PROCESS

sumber: captured by team
    Guna memaksimalkan kinerja produksi, kami mengumpulkan para anggota kelompok terlebih. Kemudian mengumpulkan bahan bahan yang telah dibeli, lalu memulai kegiatan produksi seperti memotong, mencuci, menata dan lain lain. Hingga produk siap dan layak dijual, baru-lah dipromosikannya produk ini kedalam segmen pasar yang telah ditargetkan.

7. PHYSICAL EVIDENCE

sumber: captured by team
    Kemasan produk yang digunakan produk kami adalah gelas/cup plastik untuk menampung salad buah didalamnya, yang masih dapat digunakan ulang setelah pemakaian. Kemudain mini plastic zip-lock untuk menaruh yogurt dan keju didalamnya.

    Baik para pecinta Salad Buah, sekian teori yang dapat kami berikan, jika ada kesalahan maafkan kami sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Instagram dimasa mendatang

  pengertian  Instagram  adalah layanan  jejaring sosial  berbagi foto dan  video  yang dimiliki oleh perusahaan Amerika,  Meta Platforms . ...